PENDIDIKAN



LATIHAN SOAL SENBUD KELAS VII

I.        Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!
1.           Karya seni rupa terapan di daerah setempat digunakan untuk ….
A.    Cari nafkah                                                                    
B.    Kebutuhan sehari-hari                                                
C.    Kebutuhan batin
D.    Cari-cari alasan
2.           Daerah pengrajin batik yang terkenal di daerah Cirebon adalah ….
A.    Trusmi                                                                              C.    Kanoman
B.    Palimanan                                                                       D.    Tegal Gubug
3.           Motif batik tumpal merupakan motif batik yang ciri-cirinya berbentuk ….
A.    Segi empat                                                                       C.    Segi tiga
B.    Lingkaran                                                                       D.    Dedaunan
4.           Picture 011 Gambar tersebut merupakan motif batik dari bentuk ….
A.    Tumpal                                                                             C.    Meander
B.    Pilin                                                                                  D.    Swastika
5.           Menggambar bentuk kubistis merupakan menggambar pola pokoknya berbentuk ….
A.    Lingkaran                                                                       C.    Bulat
B.    Kubus                                                                               D.    Lonjong
6.           Karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar saja, adalah karya seni rupa ….
A.    Seni murni                                                                       C.    Seni terapan
B.    Tiga dimensi                                                                   D.    Dua dimensi
7.           Jenis karya seni rupa tiga dimensi contohnya adalah ….
A.    Patung                                                                             C.    Gambar
B.    Lukisan                                                                            D.    Poster


 


8.                                                            Gambar tersebut merupakan gambar bentuk benda ….
A.    Silinder                                                                            C.    Bebas
B.    Alami                                                                                D.    Kubistis
9.           Benda-benda bentuk Silindris contohnya adalah ….
A.    Meja kursi                                                                       C.    Teko, Gelas
B.    Lemari, Dipan                                                                 D.    Kulkas, TV
10.        Bentuk lingkaran yang dilihat secara perspektif dalam menggambar disebut ….
A.    Bulat                                                                                 C.    Kotak
B.    Lonjong                                                                            D.    Elips

11.        Teknik dalam menggambar bentuk benda secara keseluruhan
         dan yang tampak hanya bayangan benda, disebut ….
A.    Silhuet                                                                              C.    Global
B.    Sketsa                                                                               D.    Kontur
12.        Membuat benda tiga dimensi yang menggunakan bahan dari tanah liat/lempung, disebut teknik ….
A.    Mengukir                                                                         C.    Membutsir
B.    Mencetak                                                                         D.    Memahat
13.        Memahat merupakan kegiatan membuat benda tiga dimensi yang menggunakan bahan dari ….
A.    tanah liat                                                                         C.    Semen
B.    Kayu                                                                                 D.    Lilin/Malam
14.        Membuat rancangan dalam menggambar disebut ….
A.    Silhuet                                                                              C.    Kontur
B.    Global                                                                              D.    Sketsa
15.        Suatu kegiatan yang tujuannya untuk memperkenalkan hasil karya seni kepada masyarakat, disebut ….
A.    Karya wisata                                                                  C.    Pameran
B.    Darma wisata                                                                 D.    Pagelaran
16.        Salah satu fungi musik Daerah adalah ….
A.    Sebagai alat propaganda                                           
B.    Sebagai sarana upacara adat                                   
C.    Sebagai sarana komunikasi
D.    Sebagai hiburan masyarakat
17.        Lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah ….
A.    Sumatera Barat                                                              C.    Jambi
B.    Sumatera Selatan                                                          D.    Bengkulu
18.        Di bawah ini yang bukan merupakan tokoh/komponis musik angklung adalah ….
A.    Benyamin S                                                                     C.    Koko Koswara
B.    Daeng Sutikna                                                               D.    Mang Ujo
19.        Suatu karya musik yang enak didengar atau dinikmati jika memenuhi syarat ….
A.    Harmoni                                                                           C.    Birama
B.    Tempo                                                                               D.    Irama
20.        Masyarakat mewarisi musik daerah berupa ….
A.    Partitur lagu                                                                   C.    Lagu secara lisan
B.    Syair dan partitur                                                          D.    Lagu secara terprogram
21.        Alat musik berbentuk bilah adalah sebagai berikut  ….
A.    Gambang                                                                         C.    Saron
B.    Gong                                                                                 D.    Gender
22.        Gambang kromong menggunakan tangga nada ….
A.    Pentatonis                                                                       C.    Mayor
B.    Diatonis                                                                           D.    Minor
23.        Notasi da – mi – na – ti – la , merupakan sistem notasi musik ….
A.    Gamelan Jawa                                                                C.    Gamelan Bali
B.    Gamelan Sunda                                                              D.    Gabungan Gamelan Wandali
24.        Yang dimaksud Arragger, pada musik adalah ….
A.    Menata Musik                                                                C.    Menyanyikan lagu
B.    Mencipta lagu                                                                D.    Bermain Musik
25.        Tangga nada yang susunan nadanya berjarak   ½  disebut ….
A.    Diatonis                                                                           C.    Kromatis
B.    Debusian                                                                         D.    Pentatonis

26.        3         6    .     .     4       3    .    3      4   .      i     7     .     i      6     .     4        3
Titi nada di atas merupakan petikan lagu ….
A.    Alusiau                                                                             C.    Bubuy Bulan
B.    Liso                                                                                   D.    Ka Parak Tingga
27.       
Tanda di samping merupakan ….

A.    Tanda kunci G                                                                C.    Kunci A
B.    Tanda kunci C                                                                D.    Kunci F
28.        Tangga nada diatonis yang menggunakan rumus pola interval  1 – 1 -  ½  - 1 – 1 – 1 -  ½   disebut tangga nada ….
A.    Kromatis                                                                          C.    Diatonis minor
B.    Diatonis mayor                                                               D.    Pentatonis
29.        Pada umumnya lagu-lagu yang menggunakan tangga nada minor bersifat ….
A.    Sedih                                                                                C.    Gembira
B.    Kurang gembira                                                             D.    Melankolis
30.        Lagu Tanduk Majeng menggunakan tempo allegro yang berarti ….
A.    Lambat                                                                             C.    Cepat
B.    Sedang                                                                             D.    Cepat sekali
31.        Gerakan-gerakan yang memiliki makna dan tujuan yang melambangkan
 sesuatu merupakan pengertian dari ….
A.    Gerakan badan                                                              C.    Gerakan eksplorasi
B.    Gerakan murni                                                               D.    Gerakan maknawi
32.        Bentuk tarian yang penyajinya dibawakan oleh satu orang disebut ….
A.    Tari tradisional                                                              C.    Tari tunggal
B.    Tari berpasangan                                                          D.    Tari kelompok
33.        Tari Merak merupakan salah satu tarian yang termasuk tari ….
A.    Tunggal                                                                           C.    Tradisional
B.    Berpasangan                                                                  D.    Kelompok
34.        Gerakan/sikap kepala mendorong dagu ke depan dan menarik lagi ke belakang, disebut ….
A.    Kadet                                                                                C.    Gilek
B.    Godeg                                                                               D.    Galiyeur
35.        Gerakan badan yang membantingkan ke depan dan ke belakang secara bergantian disebut ….
A.    Gigibang                                                                         C.    Gilek
B.    Gibeg                                                                                D.    Godeg
36.        Seni Drama yang isi ceritanya penuh dengan canda tawa dan humor adalah ….
A.    Drama tragedi                                                                C.    Drama Komedi
B.    Drama satu babak                                                         D.    Drama seri
37.        Tokoh komedian Indonesia adalah ….
A.    Bagong Kusumo                                                             C.    Bing Slamet
B.    Tino Sidin                                                                        D.    W. S. Rendra
38.        Pementasan drama/teater yang menggunakan syair-syair lagu sebagai dialognya disebut ….
A.    Melodrama                                                                      C.    Sandiwara
B.    Drama Tragedi                                                               D.    Sendratari
39.        Drama tari/Sendratari merupakan drama pementasan yang lebih menonjolkan ….
A.    Gerak yang lucu                                                            C.    Gerakan tari
B.    Cerita yang penuh konflik                                           D.    Syair-syair lagu
40.        Proses penentuan pemain dalam seni drama disebut ….
A.    Casting                                                                            C.    Testing
B.    Penyaringan                                                                   D.    Pemilihan

II.      Uraian
41.        Sebutkan dua (2) aspek dalam menggambar bentuk!
42.        Sebutkan dua (2) contoh karya seni terapan!
43.        Buatlah gambar bentuk silindris dari satu benda yang ada di dapur!
44.        Apa yang dimaksud dengan aransemen musik?
45.        Sebutkan 3 judul lagu dari daerah Jawa Barat!


LATIHAN SOAL SENBUD KELAS VIII

I.        Pilihlah huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!
1.           Bubuy Bulan adalah lagu daerah ….
A.    Jawa Barat                                                                      C.    Betawi
B.    Papua                                                                               D.    Aceh
2.           Salah satu ciri khas dari lagu daerah Jawa, terlihat pada nada dasar yang digunakan. 
Untuk lagu Jawa pada umumnya menggunakan nada dasar ….
A.    Pelog                                                                                C.    Mayor
B.  Pentatonis                                                                         D.  Minor
3.           Lagu daerah di bawah ini mempunyai arti/pesan tentang ajaran tentang ajaran Islam
 secara simbolis…
A.    Butet                                                                                 C.    Lir ilir
B.    Gundul-gundul pacul                                                   D.    O inani keke
4.           Musik daerah di bawah ini mempunyai fungsi untuk siskamling ….
A.    Angklung                                                                         C.    Gong
B.    Seruling                                                                           D.  Kentongan
5.           Di bawah ini yang bukan termasuk unsur-unsur utama dalam membuat lagu ….
A.    Syair                                                                                 C.    Irama
B.    Melodi                                                                              D.    Harmoni
6.           Membagi atau mengelompokkan suara menjadi beberapa jenis suara disebut ….
A.    Menciptakan lagu                                                         C.    Mengharmonisasikan suara
B.    Mengaransir lagu                                                          D.  Mengarang lagu
7.           Sopran dan Alto adalah jenis suara yang dimiliki oleh ….
A.    Wanita                                                                              C.  Anak-anak
B.    Laki-laki                                                                          D.    Paduan suara
8.           Suara Tenor pada umumnya dimiliki oleh ….
A.    Anak-anak                                                                      C.    Paduan suara
B.    Laki-laki                                                                          D.    Wanita
9.           Sajian musik yang dilakukan secara bersama-sama dan dengan menggunakan alat musik
 yang sejenis atau campuran disebut ….
A.    Accapela                                                                          C.    Ansambel musik
B.    Perkusi                                                                             D.    Orkestra
10.        Di bawah ini yang tidak termasuk jenis alat musik melodis adalah ….
A.    Mandolin                                                                         C.    Pianika
B.    Recorder                                                                          D.    Drum
11.        Yang termasuk jenis alat musik tiup adalah sebagai berikut, ….
A.    Pianika                                                                            C.    Drum
B.    Gong                                                                                 D.    Gendang
12.        Alat musik yang memiliki dawai sebagai sumber bunyi adalah…
A.    Rebana                                                                             C.    Pianika
B.    Siter                                                                                  D.    Angklung
13.        Beberapa nada yang dibunyikan secara serentak/bersama disebut ….
A.    Akordion                                                                         C.    Akor
B.    Akrobatik                                                                        D.    Akuarium
14.        Gubahan atau mengembangkan materi lagu yang sudah ada ke dalam bentuk yang baru 
tanpa mengurangi inti dan makna lagu tersebut disebut ….
A.      Translasi             C.                                                        Manager
B.      Introduksi                                                                       D.    Aransemen       
15.        Istilah bagi orang yang memiliki kemampuan atau keahlian mengaransemen musik disebut ….
A.      Konduktor                                                                       C.    Komposer
B.      Artistik                                                                             D.  Arranger
16.        Alat musik yang memiliki sumber bunyi lembaran/sekat dari kulit/plastik/karet disebut ….
A.      Membranophone                                                            C.    Aerophone
B.      Idiophone                                                                        D.    Cordophone
17.        Yang termasuk jenis alat musik gesek adalah, kecuali ….
A.    Rebab                                                                               C.    Biola
B.    Mandolin                                                                         D.    Celo
18.        Kesenian tradisional yang berasal dari daerah Sunda adalah ….
A.    Tari Reog                                                                         C.    Tari Jaipong
B.    Tari Janger                                                                     D.  Tari Lengger
19.        Seni Pertunjukan yang menggabungkan seni gerak,seni musik,
seni teater,seni kriya dan dipentaskan secara audio visual adalah ….
A.    Seni Genjring                                                                  C.    Seni Rudat
B.    Seni Reog                                                                        D.    Seni Wayang
20.        Salah satu bentuk seni rupa asli Indonesia yang telah diakui 
sebagai warisan budaya dunia adalah ….
A.    Patung                                                                             C.    Batik
B.    Poster                                                                               D.    Barongsai
21.        Pokok pikiran dari bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, 
yang meliputi segala bentuk ciptaan Tuhan disebut ….
                                  A.    Ragam hias                                            C   Motif gagasan                                                   
B.  Pola hias                                                                         D.  Motif hias
22.        Fungsi batik adalah untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian, taplak meja, 
dan sarung bantal. Hal ini termasuk dalam fungsi ….
A.    Praktis                                                                             C.    Nyata
B.    Estetik                                                                              D.    Abstrak
23.        Salah satu prinsip utama pola batik adalah mengubah bentuk asli benda
 menjadi bentuk ….
A.    Kartun                                                                              C.    Karikatur
B.    Dekoratif                                                                         D.    Animasi
24.        Karikatur adalah ilustrasi yang berisi …
A.    Humor                                                                              C.    Sindiran
        B.    Ilmiah                                                                                 D.    Ornamen
25.        Yang termasuk motif dekoratif adalah ….
A.    Manusia                                                                           C.    Tumbuhan
B.    Hewan                                                                              D.    Awan
26.        Warna hijau merupakan percampuran dari warna primer ….
A.    Merah, kuning                                                                C.    Merah, putih
B.    Biru, merah                                                                     D.    Biru, kuning
27.        Peralatan pokok membatik untuk bloking pola adalah ….
A.    Wajan                                                                               C.    Kuas
B.    Kompor                                                                            D.    Canting
28.        Fungsi komersial dari patung adalah ….
A.    Sebagai koleksi                                                            
B.    Simbol kepahlawanan                                                 
C.    Diperjualbelikan
D.    Pemujaan kepada roh
29.        Karya seni patung digolongkan ke dalam karya seni ….
A.    Dua dimensi                                                                    C.    Sebagai hiasan
B.    Tiga dimensi                                                                   D.    Pembentuk alam
30.        Bahan-bahan logam, kertas, plastisin merupakan bahan pembuatan patung dengan teknik ….
A.    Cetakan                                                                           C.    Pahatan
B.    Cor                                                                                    D.    Tempelan
31.        Patung yang dibuat dengan cara menempel bahan sedikit demi sedikit disebut ….
A.    Printing                                                                           C.    Butsir
B.    Carving                                                                            D.    Modelling
32.        Media patung seperti kayu, batu merupakan bahan pembuat patung dengan teknik ….
A.    Cetakan                                                                           C.    Pahatan
B.  Cor                                                                                      D.    Tempelan
33.        Provinsi di Indonesia yang dikenal seni patungnya adalah ….
A.    Kalimantan Selatan                                                      C.    Maluku
B.    Jawa Barat                                                                      D.    Bali
34.        Teknik menggambar suatu bentuk benda dengan pandangan sebenarnya disebut ….
A.  Figuratif                                                                            C.    Perspektif
B.    Dekoratif                                                                         D.    Animatif
35.        Satu bukti adanya perspektif adalah bila sebuah benda dilihat dari jauh nampak ….
A.    Sama                                                                                 C.    Lebih besar
B.    Lebih kecil                                                                      D.    Sangat besar
36.        Garis mendatar yang merupakan kesan batas mata memandang disebut ….
A.    Garis horizon                                                                  C.    Garis tanah
B.    Garis vertikal                                                                 D.    Garis pemotong
37.        Dalam menggambar perspektif, titik lenyap selalu berada di ….
A.    Garis tanah                                                                     C.    Garis vertikal
B.    Garis pelukis                                                                  D.    Garis horizon
38.        Berikut ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam menggambar perspektif, kecuali ….
A.  Garis vertikal                                                                   C.    Garis spiral
B.    Garis horizon                                                                  D.    Titik lenyap
39.        Media yang dipergunakan untuk menggambar perspektif, kecuali ….
A.    Pensil                                                                               C.    Kertas gambar
B.    Palu                                                                                  D.    Penggaris
40.         
 
                                                         






Gambar di atas merupakan perspektif dengan ….
A.    Dua titik hilang                                                             C.    Tiga titik hilang
B.    Satu titik hilang                                                             D.    Empat titik hilang

II.      Uraian
41.        Sebutkan empat lagu wajib nasioanal!
42.        Sebutkan empat jenis suara dalam paduan suara!
43.        Sebutkan empat macam contoh alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik!
44.        Sebutkan 3 (tiga) macam motif batik tradisional Indramayu!
45.        Gambarlah salah satu motif batik tradisional yang kamu ketahui!






CONTOH PROPOSAL PTK SENBUD SMP



PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IX D PADA PELAJARAN
 SENI BUDAYA
DI SMP NEGERI  3 SINDANG INDRAMAYU

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PROPOSAL

LOGO UNPAK










Oleh :

TEGUH PRAYITNO AMd Pd
NIM : 0381101073











UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR
Tahun 2011/2012
BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah           
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komputer (ICT) telah berkembang dengan pesat dalam semua aspek kehidupan kita. Tidak terkecuali terhadap SMP Negeri 3 Sindang Indramayu. Pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer (ICT) merupakan terobosan yang baru yang perlu diterapkan di SMP Negeri 3 Sindang Indramayu. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan seperangkat komputer atau laptop, LCD atau in focus, perangkat audio, dan media software pembelajaran seni budaya. Arah inovasi ini adalah agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
            Dalam implementasinya, inovasi ini memang diterima dengan serta-merta sebagai keniscayaan perubahan. Namun demikian, belum semua guru dapat mengadopsi inovasi ini. Masih banyak di antara guru, khususnya guru senior kurang akrab dengan komputer. Para guru tersebut tetap menggunakan pendekatan konvensional atau telah menggunakan pendekatan pembelajaran yang baru tanpa menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis ICT. Sementara itu beberapa guru yunior memang mau menerima inovasi tersebut dan menerapkannya dalam pembelajaran, meskipun media presentasi pembelajarannya masih sangat terbatas, masih sangat jarang ditemukan dipasara, maupun di dunia maya.
Demikian pula dengan pembelajaran seni budaya. Agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan berhasil, guru menggunakan media presentasi pembelajaran dengan cara membuat melalui aplikasi power point, animasi dan mengunduh dari internet.  Misalnya media pembelajaran ragam musik di Asia, penerapan akor pada lagu, musik ansamble, gambar animasi dll. Hal ini dilakukan dengan beberapa alasan yaitu :
a.   Pembuatan media pembelajaran ini membutuhkan kemampuan yang kompleks dan relatif tinggi, khususnya bidang software & hardware komputer, yaitu desain grafis, pembuatan animasi, editing gambar dan suara.
b.   Pembuatan media pembelajaran harus memiliki langkah-langkah dan prosedur tertentu sehingga cukup layak dianggap sebagai media pembelajaran.
c.    Penyampaian dengan metode ceramah, pembelajaran menjadi ’teacher centered’ siswa hanya mendengarkan saja dan berakibat tidak menarik perhatian siswa dan membosankan.
d.  Pembuatan skema, partitur (buku lagu) yang akan menyita waktu apabila dilakukan secara manual.
 Berdasarkan beberapa pertimbangan itulah maka peneliti merasa sangat perlu menggunakan media pembelajaran berbasis komputer (ICT) untuk mata pelajaran seni budaya. Lebih lanjut, bila media pembelajaran ini dianggap memiliki kelayakan dapat disebarkan pada para guru bahasa seni budaya lain yang membutuhkannya. Demikian langka dan urgennya bagi pembelajaran, maka media pembelajaran ini perlu diterapkan.
Akhirnya, peneliti menggunakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT). Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan seperangkat komputer atau laptop, LCD atau in focus, perangkat audio dan media software pembelajaran seni budaya.
            Problematikanya, apakah Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT) ini dapat diterima oleh para siswa dan guru, dapatkah meningkatkan perhatian dan minat mereka dalam belajar, serta mampukah meningkatkan kreativitas dalam berkesenian.
            Berdasarkan uraian di atas dirumuskan judul penelitian :“ Penggunaan Multimedia untuk meningkatakan kreativitas siswa kelas IX D pada pelajaran seni budaya di SMP Negeri 3 Sindang Indramayu “.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
a.   Apakah Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT) Seni Budaya memiliki kelayakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?
b.   Apakah penggunaan Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT) Seni Budaya dapat memotivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?
c.   Apakah penggunaan Media Presentasi Pembelajaran Berbasis komputer (ICT) dapat meningkatkan kreativitas seni budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?

1.3 Tujuan Penelitian
Sejalan dengan rumusan masalah penelitian di atas, tujuan penelitian ini adalah :
a.  Untuk menerapkan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (ICT) Seni Budaya dalam usaha untuk menilai kelayakannya sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IX  SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.
b. Untuk menerapkan Media Pembelajaran berbasis (ICT) Seni Budaya dalam usaha untuk memotivasi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang  Indramayu.
c.  Untuk menerapkan Media Pembelajaran Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya dalam usaha untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu

1.4. Manfaat Penelitian 
Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat :
a. Bagi guru
   
(1) Untuk dapat  mengembangkan  profesionalisme  guru dalam penerapan strategi
       pembelajaran yang efektif.
(2) Sebagai latihan praktik langsung melakukan penelitian tindakan kelas.
(3) Sebagai sarana untuk mendorong siswa untuk berkreasi dibidang seni
b. Bagi Siswa
    (1) Untuk meningkatkan perhatian, aktivitas, dan prestasi pembelajaran
          (2) Agar pembelajaran menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami
    (3) Siswa mendapat gambaran nyata melalui visualisasi
c. Bagi Pendidikan dan Pembelajaran
   
Untuk  dapat  menyempurnakan  strategi  pembelajaran  sehingga  semakin
    efektif   penerapannya.




1.5 Hipotesis Tindakan
Berdasarkan semua uraian di atas dirumuskan hipotesis tindakan sebagai   berikut :
1. Melalui penerapan pembelajaran yang menggunakan Media Presentasi Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu menilainya layak sebagai media pembelajaran.
2. Melalui penerapan pembelajaran yang menggunakan Media Presentasi Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu  dapat memotivasi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.
3. Melalui penerapan pembelajaran yang menggunakan Media Presentasi  Pembelajaran Seni Budaya dapat meningkatkan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.












BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Media Pembelajaran 
            Belajar adalah suatu proses yang kompleks pada semua orang dan terjadi seumur hidup yaitu sejak masih bayi hingga mati. Tanda-tanda terjadinya pembelajaran bagi seseorang adalah terjadinya perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi lebih tahu, dan dari tidak bisa menjadi bisa baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Sejalan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat serta budaya berkembang pula tugas dan peranan guru sejalan dengan jumlah anak yang memerlukan pendidikan. Mau tidak mau harus diakui guru bukanlah satu-satunya sumber belajar melainkan hanya salah satunya. Siswa, petugas perpustakaan, kepala sekolah, tutor, tokoh masyarakat, atau orang-orang yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan tertentu di masyarakat juga dapat dijadikan sumber belajar.
            Menurut Arief  S. Sadiman  (2006) sumber  belajar  dapat  digolongkan  dalam beberapa jenis, yaitu :
a.   jenis orang (people)
b.   pesan atau informasi (message),
c.   jenis bahan (materials), ke dalam jenis ini sering disebut perangkat lunak (software) yang di dalamnya terkandung pesan-pesan yang perlu disajikan dengan alat bantu atau tanpa alat bantu, misalnya : modul, majalah, OHP,compact disc (CD),flash disc, program atau data.
d.   Alat (device) atau hardware yang menyajikan pesan, misalnya :projector film, infocus, video player, TV, Komputer, Laptop dan lain-lain.
e.   Teknik adalah prosedur rutin atau acuan untuk menggunakan alat, bahan, atau orang dan lingkungan untuk menyajikan pesan, misalnya teknik demonstrasi kuliah,  ceramah, tanya-jawab, dan sejenisnya.
f.   Lingkungan (setting), yaitu tempat yang memungkinkan siswa belajar. Misalnya :
     gedung sekolah, perpustakaan,  laboratorium,  museum,  taman,  kebun binatang,   
     rumah sakit, pabrik, dan sejenisnya.
Sementara itu media teknologi mutakhir, terdiri dari :
a. Media berbasis telekomunikasi, misalnya : teleconfrence, kuliah jarak jauh, dsb.
b. Media berbasis mikroprosesor, misalnya : game komputer, hypermedia, CD / DVD,  
   Computer Assisted Instructional, hypertext, dsb.
            Adapun menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa belajar. Sementara itu Briggs menyatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Pada mulanya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru (teaching aids) Alat bantu yang dipakai adalah alat bantu visual, misalnya gambar, model, objek, dan alat-alat lain yang tujuannya dapat memberikan pengalaman konkret, meningkatkan motivasi belajar, mempertinggi daya serap, dan retensi belajar siswa.
Dalam proses pembelajaran, kegunaan media pembelajaran adalah :
1.  Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk
     kata-kata tertulis atau lisan belaka)
2.  Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misalnya :
     a.  objek yang terlalu  besar – bisa digantikan dengan realitas, gambar, film, atau
    model
b. objek yang kecil –  dibantu dengan proyektor mikro, film atau gambar
c. gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelaps atau  highspeed photography.
d. Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa  lalu bisa  ditampilkan lagi  lewat   rekaman film, video, foto, maupun secara verbal;
e. Objek-objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin) dapat disajikan dalam model, diagram, dan lain-lain;
f.  Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain dapat divisualisasikan dalam bentuk film, gambar, dan sebagainya.
3.  Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif  anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk :
a. menimbulkan kegairahan belajar;
b. memungkinkan interaksi lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan
         dengan kenyataan;
     c. memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan
         minatnya.
4.   Sifat unik tiap siswa, lingkungan dan pengalaman yang berbeda, kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan kesulitan bila harus diatasi sendiri. Lebih sulit lagi bila latar belakang lingkungan guru dan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu kemampuannya dalam :
      a. memberikan perangsang yang sama;
      b. mempersamakan pengalaman;
      c. menimbulkan persepsi yang sama.
2.2 Media Presentasi Pembelajaran
Perkembangan teknologi komputer dan informasi (ICT) juga semakin mengembangkan bentuk dan variasi media pembelajaran. Menurut Thomson (Elida dan Nugroho, 2003) komputer yang digunakan dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat, yakni saat digunakan komputer meningkatkan motivasi pembelajaran. Para siswa akan menikmati kerja komputer ini dan komputer memberikan tantangan di samping komputer menampilkan perpaduan antarteks, gambar, animasi gerak, dan suara secara bersamaan maupun bergantian.
            Sementara ini Bower dan Hilgard berpendapat bahwa komputer bermanfaat besar dibandingkan dengan teknologi pendidikan lainnya karena mampu memberikan presentasi materi yang sangat fleksibel bagi pembelajar dan dapat mengikuti kemajuan sejumlah pembelajar dalam waktu yang sama.
Selanjutnya,  menurut Woolfolk  ada  9  keuntungan  menggunakan  komputer dalam pembelajaran, yaitu :
a. siswa dapat menyesuaikan dengan kecepatan belajarnya,
b. dapat melatih dengan sabar,
c. dapat dipakai untuk belajar sendiri,
d. dapat disajikan berbagai macam penginderaan,
e. dapat melakukan simulasi,
f. dapat dikembangkan pemecahan masalah,
g. dapat memberikan pujian untuk memperkuat perilaku,
h. dapat membantu manajemen kelas dan sekolah
Menurut Luther (Sutopo, 2003:32) ada 6 tahap dalam pengembangan media pembelajaran berbasis komputer, yaitu:
a.   Tahap pertama konsep (concept), yaitu mengidentifikasikan tujuan, kebutuhan belajar, atau hal-hal lain yang perlu diungkapkan.
b.   Tahap kedua analisis karakteristik siswa, yaitu disesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan siswa.
c.   Tahap ketiga merencanakan dan menyusun software.  Dalam  hal  ini ada ketrampilan yang harus dimiliki pengembang sofware yaitu menguasai bidang studi materi yang akan dibahas, menguasai prosedur pengembangan media, dan menguasai program komputer.
d.  Tahap keempat desain (design), yaitu yaitu tahap merancang produk secara rinci agar memudahkan tahap-tahap pembuatan produk selanjutnya.
e.  Tahap kelima pengumpulan bahan (material collecting), yaitu mengoleksi bahan-bahan pendukung untuk memperkaya isi produk media tersebut,
f.   Tahap keenam pembuatan (assembly), yaitu menyusun naskah materi pada setiap frame sehingga menjadi sebuah produk media yang sudah jadi.
g.  Tahap ketujuh uji coba (testing), yaitu melakukan uji coba produk yang akan digunakan secara luas karena itu perlu validasi kelayakannya. Ada dua kriteria dalam ujicoba produk media pembelajaran, yaitu :
(1) kriteria pembelajaran, yang mencakup apakah sesuai dengan kurikulum,
       tujuan pembelajaran, sesuai dengan materinya, dan sebagainya. Jika tidak perlu, dilakukan revisi.
 (2) Kriteria presentasi, yaitu apakah validasi terkait dengan tampilannya di
        layar, kelancaran navigasi, kemudahan penggunaan, dan interakskomunikabilitas.
h.  Tahap distribusi (distribution), yaitu tahap menyebarluaskan produk pembelajaran  dan  menjelaskan tujuan produk media pembelajaran tersebut.

2.3 Motivasi Belajar
Menurut Oemar Hamalik (2001, 27-28), belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungannya. Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak di dalam diri seorang siswa untuk menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin kelangsungan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

2.3.1 Macam-macam motivasi
a. Motivasi Intrinsik 
           
Motivasi intrinsik  adalah  dorongan  dalam diri  seseorang yang berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu (Sardiman, 1988). Dilihat dari segi tujuan kegiatan belajar, motivasi intrinsik adalah ingin mencapai tujuan yang terkandung dalam kegiatan belajar itu sendiri.
b. Motivasi Ekstrinsik          
           
Motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang aktif dan berfungsi karena adanya rangsangan dari luar. Motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar tetap penting sebab kemungkinan besar keadaan siswa itu dinamis dan juga mungkin komponen lain dalam proses belajar mengajar ada yang kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan motivasi ekstrinsik.
            Prayitno (1989) menyatakan bahwa betapapun baiknya potensi anak yang meliputi kemampuan intelektual atau materi yang akan diajarkan dan lengkapnya sarana belajar, namun bila siswa tidak termotivasi dalam belajar, maka belajar tidak akan berlangsung secara optimal. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Motivasi sangat berhubungan erat dengan bagaimana seseorang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Dengan demikian, makin banyak dan tepat motivasi belajar yang didapat siswa, maka aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa akan semakin tinggi sehingga pembelajaran siswa menjadi semakin berhasil.
            Dengan adanya motivasi yang baik dalam belajar, maka akan menunjukkan hasil yang baik. Dengan kata lain bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi tinggi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik.
2.4 Pembelajaran Seni Budaya
2.4.1  Karakteristik Seni Budaya
           Kesenian adalah hasil karya budaya manusia yang bersumber pada perasaan. Kehadirannya ada di tiap sisi kehidupan masyarakat dan perkembangannya ditentukan oleh lingkungan budaya dan lingkungan alamnya. Kegiatan seni yang melibatkan anggota masyarakat, ikut memegang peranan dalam kehidupan sosial masyarakat bersangkutan.
            Pengelompokkan karya seni ditentukan oleh 3 media pengungkapan yaitu : media rupa, media gerak, media suara.
            Karya seni berupa ungkapan ekspresi, kebebasan pribadi seniman, dan karya keindahan yang mempunyai fungsi tertentu. Kapan manusia mulai berkesenian, hal ini sulit dijawab.
2.4.2 Pembelajaran Seni Budaya
Pengertian Pembelajaran Seni Budaya
        Pendidikan seni budaya dan ketrampilan diberikan disekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi / berkreasi melalui pendekatan ” belajar dengan seni,” ” belajar melalui seni ”, dan ” belajar tentang seni .” peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain (PP Mendiknas No 22, 2006:263).
        Pembelajaran seni musik adalah kegiatan pembelajaran yang berusaha menggali potensi estetis siswa serta mempengaruhi siswa agar mempunyai nilai estetis sehingga dapat memperhalus budi pekerti karena dalam seni terdapat unsur- unsur keindahan , keteraturan, kedisiplinan dan dinamika.
Tujuan Pembelajaran Seni Budaya
        Tujuan penyelenggarakan pendidikan seni tidak mungkin terlepas dari kondisi masyarakat dan budaya lingkunganya. Oleh karena itu, pengembangan tujuan pendidikan seni hendaknya mendasarkan nilai-nilai, gagasan (cita-cita dan tingkat kedewasaan) peserta didik, dan pola-pola hidup kreatif melalui latihan-latihan (Setiyawati, 2006 : 195). Pendidikan seni bertujuan mengembangkan kemampuan estetik , ekspresif, dan kreatif dari peserta didik yang memungkinkan berperan secara positif dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat baik global dan local. (Kurikulum 2006 : Bab I)
         Tujuan tersebut di atas menggambarkan bahwa pembelajaran seni musik di SMP memberikan pemahaman, pengetahuan , pengalaman juga kemampuan berkarya seni agar mereka bisa berapresiasi terhadap budaya sendiri dan bisa menghargai orang lain yang pada akhirnya mereka bisa berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
         Seni mempunyai sifat unik dan memilki karakteristik tertentu yang tidak dimiliki oleh pelajaran yang lain maka proses pembelajaran seni idealnya menggunakan beberapa metode atau strategi mengajar yang disesuaikan dengan kebutuhan. Metode atau strategi mengajarnyapun harus sesuai dengan tujuan kurikulum yang tertuang dalam standart kompetensi dijabarkan melalui kompetensi dasar dengan berbagai indikator yang disesuaikan dengan kondisi sekolah tertentu.
Metode Pembelajaran Seni Budaya
         Cara membangkitkan minat siswa antara lain gunakan berbagai metode pembelajaran seperti diskusi, kerja kelompok, demontrasi, kegiatan di luar kelas, permainan, kuis dsb (Sukarman, 2004:24).  Ada korelasi yang cukup tinggi antara bakat dan hasil belajar. Akan tetapi jika diberi metode pengajaran yang lebih bermutu yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak dan waktu belajar maka dapat dicapai keberhasilan penuh (Nasution, 2003:38). Dari pernyataan tersebut bahwa metode pembelajaran merupakan hal penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Namun demikian pengajaran seni baik materi maupun metode hendaknya disesuaikan dengan taraf perkembangan (psikologis) peserta didik (Setiyawati , 2006: 195).
         Dalam pembelajaran seni budaya khususnya musik dapat menggunakan beberapa metode mengajar yaitu ceramah, demontrasi dan praktek langsung. (1) metode ceramah digunakan ketika menerangkan tentang teori – teori , tentang apresiasi seni, (2) metode demonstrasi digunakan ketika menerangkan tentang kreasi seni atau praktek, (3) metode praktek langsung adalah metode mengajar yang mengajak siswa untuk berkreasi seni secara langsung.











BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Pendekatan Penelitian   
            Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini mengikuti suatu daur (siklus) yang di dalamnya terdapat kegiatan merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, dan melaksanakan refleksi pada seluruh tindakan sebelumnya.
            Pendekatan yang ditempuh dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang diterapkan dalam metode PTK. Penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti. Dalam pelaksanaannya peneliti bertugas mengobservasi, mencatat, dan merekam segala aktivitas dan siswa dalam proses pembelajaran.           
3.2. Lokasi Penelitian           
            Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 3 Sindang Indramayu dengan alamat Jl. Murahnara No.6 Sindang Indramayu. Waktu penelitian telah dilakukan sejak tanggal 25 Juli 8 Agustus 2011. Pengambilan data dilakukan selama 2 siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri atas sekali tatap muka. Untuk validasi instrumen penelitian diperlukan sekali tatap muka pada kelas IX-D SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.
3.3. Subjek Penelitian dan Pembatasan Penelitian           
            Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sindang kelas IX. Jumlah kelas IX ada 7 kelas. Setiap kelas rata-rata terdiri atas 45 siswa. Komposisi kecerdasan siswa tiap kelas relatif sama, karena belum dibedakan berdasarkan prestasi mereka. Karena itu peneliti mengambilnya secara acak dari kelas IX, yaitu hanya kelas IX-D.

3.4. Prosedur Penelitian         
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu :
(1). Perencanaan tindakan (planning);
(2). Pelaksanaan Tindakan (action);
(3). Observasi (observation); dan
(4). Refleksi (reflection).  
      
3.5. Instrumen Penelitian     
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah :  
1. Lembar Pengamatan untuk Siswa dan Guru   
           
Lembar pengamatan ini digunakan untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran hingga evaluasi. Aspek-aspek yang dinilai adalah aktivitas keterlibatan siswa hingga evaluasi.
2. Tes Tanggapan Siswa Terhadap Media
           
Tes tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini digunakan untuk meneliti seberapa tinggi kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini digunakan skala Likert.


3. Tes Motivasi Siswa           
           
Tes motivasi siswa ini digunakan untuk meneliti siswa terkait dengan motivasi dan perhatian siswa terhapap proses pembelajaran. Dalam hal ini pun digunakan skala Likert.

4. Tes
Tingkat Kreatifitas        
           
Untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa kelas IX D mengunakan tes unjuk kerja sesuai dengan bidang seni yang disukainya yaitu Seni Musik dan Seni Rupa.          
3.6. Teknik Analisis Data    
          
Analisisa data dilakukan meliputi kegiatan klasifikasi data, penyajian data, dan penilaian keberhasilan tindakan. Kegiatan klasifikasi ini meliputi memilah-milah data yang telah dikelompokkan sesuai dengan jenis datanya.       
           Data yang diperoleh dari pengamatan dan angket dilakukan analisis deskriptif melalui : 1) reduksi data, 2) pemaparan data, dan 3) penyimpulan. Reduksi data dilakukan dengan menyederhanakan dan konseptualisasi melalui seleksi, pemfokusan, dan abstraksi data mentah sehingga menjadi informasi yang bermakna. Paparan data dilakukan dengan penyajian data dalam bentuk paparan naratif maupun statistik. Adapun penyimpulan adalah proses mengambil intisari dalam bentuk pernyataan kalimat.
1. Analisis Kelayakan Media           
           
Evaluasi kelayakan media perlu dilakukan terhadap . Hal ini karena media pembelajaran tersebut baru dibuat peneliti, karena itu perlu diujicobakan sekaligus diuji kelayakannya. Kriteria kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) dinilai pada aspek : kesesuaiannya dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, dengan materinya, tampilannya di layar, kelancaran navigasi, kemudahan penggunaan, dan interaksi komunikabilitas. Untuk mengetahui skor kelayakan media ini dilakukan dengan cara:
a. mengangkakan (kuantifikasi) tanggapan siswa dengan cara :
• pilihan jawaban a (sangat setuju) dinilai skor 5
• pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
• pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
• pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
• pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1

b. menghitung tingkat kelayakan media pembelajaran
       Tingkat kelayakan media pembelajaran dihitung dengan rumus berikut :
    Rata-rata skor = Jumlah skor kelayakan / Jumlah siswa
    Adapun kriteria tingkat kelayakan media ditentukan sebagai berikut :
                    Tingkat Kelayakan Media
Rata-rata
Skor
Sangat Tinggi
21 – 25
Tinggi
16 – 20
Sedang
11 – 15
Rendah
6 – 10
Sangat Rendah
0 – 5

2. Analisis Aspek Motivasi Siswa
            Motivasi siswa diidentifikasikan pada saat berlangsungnya pembelajaran yang terdiri atas besarnya motivasi khususnya perhatian mereka dalam memperhatikan pembelajaran tanpa melalaikannya. Hal ini dapat dilihat dari tes tentang motivasi mereka.
Untuk mengetahui skor motivasi dan tingkat motivasi siswa dilakukan dengan cara:
a. mengangkakan (kuantifikasi) motivasi siswa dengan cara :
    pilihan jawaban a (sangat
setuju) dinilai skor 5
    • pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
    • pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
    • pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
    • pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1
b. menghitung tingkat motivasi siswa
    Tingkat motivasi siswa dihitung dengan rumus sebagai berikut :
    Rata-rata skor = Jumlah skor motivasi siswa/ Jumlah siswa
    Adapun kriteria tingkat motivasi siswa ditentukan sebagai berikut :
Tingkat Motivasi Belajar Siswa Rata-rata / Skor
Sangat Tinggi 21 – 25
Tinggi 16 – 20
Sedang 11 – 15
Rendah 6 – 10
Sangat Rendah 0 – 5
3. Analisis Hasil Tes Kreativitas Siswa di bidang seni
           
Hasil unjuk kerja berupa pemberian tugas pekerjaan rumah dan praktek seni pada saat kegiatan belajar. Maka kreasi mereka dibidang seni yang dipilihnya berupa variasi dan inovasi yang dihasilkan. Dalam hal ini dilakukan penilaian hasil karya. Skor maksimal per siswa adalah 100. Adapun penetuan skornya digunakan kriteria sebagai berikut.
SKOR  Taraf Kreatif dengan Ketentuan :
81 – 100 Sangat Baik 5 unsur terpenuhi
61 – 80 Baik 4 unsur terpenuhi
41 – 60 Cukup 3 unsur terpenuhi
21 – 40 Kurang Baik 2 unsur terpenuhi
0 – 20 Buruk 1 unsur terpenuhi
Hasil akhirnya akan dianalisis dan diinterpretasikan dengan membandingkan skor maupun perlakukan terhadap siklus 1 dan siklus 2 beserta latar belakang penyebabnya.






























DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : Bumi Aksara.
Chandra. 2005. Menu Interaktif Flash MX 2004. Palembang : Maxiikom.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathoni, A.R. 1993. Pengembangan Komputer Pembelajaran (Unit II CIA). Surabaya
, University Press IKIP Surabaya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kurniawan, Yahya. 2006. Belajar Sendiri Macromedia Flash 8.
Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik : Penelitian Tindakan
Kelas.
 Bandung :  Alfabeta.
Mudhoffir. 2001. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mukminan. 2001. Desain Pembelajaran.
Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Pramono, Andi. 2001. Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash 8. 
Yogyakarta : CV Andi Offset
Sudirman. 2008.  Animasi Iklan Flash Untuk Orang Awam.Palembang : Maxicom
Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar.Jakarta. Depdikbud.
Rachman, Saiful. dkk.. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
Surabaya : SIC & Dinas P  dan K Provindi Jawa Timur.
Sadiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan
.
Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Uno, Hamzah B.. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta : Bumi Aksara
Wiriatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Tarya. dkk. 2007. Seni Budaya dan Keterampilan.Bandung : UPI Press
Aqib, Zainal. dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung : CV. YRAMA WIDYA
Hariwijaya, M. dkk. 2011. Panduan Menyusun Skripsi & Tesis
Yogyakarta : SIKLUS
Prayitno, Teguh. 2010. Pembelajaran Seni Budaya di SMPN 3 Sindang-Indramayu.Indramayu  : (makalah)



                                                                                         Lihat lainnya >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar