LATIHAN SOAL SENBUD KELAS VII
I. Pilihlah
huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!
1.
Karya
seni rupa terapan di daerah setempat digunakan untuk ….
A. Cari nafkah
B. Kebutuhan sehari-hari
C. Kebutuhan batin
D. Cari-cari alasan
2.
Daerah pengrajin
batik yang terkenal di daerah Cirebon adalah ….
A. Trusmi C. Kanoman
B. Palimanan D. Tegal Gubug
3.
Motif
batik tumpal merupakan motif batik yang ciri-cirinya berbentuk ….
A. Segi empat C. Segi tiga
B. Lingkaran D. Dedaunan
4.
Gambar tersebut
merupakan motif batik dari bentuk ….

A. Tumpal C. Meander
B. Pilin D. Swastika
5.
Menggambar
bentuk kubistis merupakan menggambar pola pokoknya berbentuk ….
A. Lingkaran C. Bulat
B. Kubus D. Lonjong
6.
Karya
seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar saja, adalah karya seni rupa
….
A. Seni murni C. Seni terapan
B. Tiga dimensi D. Dua dimensi
7.
Jenis
karya seni rupa tiga dimensi contohnya adalah ….
A. Patung C. Gambar
B. Lukisan D. Poster

8.
Gambar tersebut merupakan gambar bentuk benda
….
A. Silinder C. Bebas
B. Alami D. Kubistis
9.
Benda-benda
bentuk Silindris contohnya adalah ….
A. Meja kursi C. Teko, Gelas
B. Lemari, Dipan D. Kulkas, TV
10.
Bentuk
lingkaran yang dilihat secara perspektif dalam menggambar disebut ….
A. Bulat C. Kotak
B. Lonjong D. Elips
11.
Teknik
dalam menggambar bentuk benda secara keseluruhan
dan yang tampak hanya bayangan benda, disebut
….
A. Silhuet C. Global
B. Sketsa D. Kontur
12.
Membuat
benda tiga dimensi yang menggunakan bahan dari tanah liat/lempung, disebut
teknik ….
A. Mengukir C. Membutsir
B. Mencetak D. Memahat
13.
Memahat
merupakan kegiatan membuat benda tiga dimensi yang menggunakan bahan dari ….
A. tanah liat C. Semen
B. Kayu D. Lilin/Malam
14.
Membuat
rancangan dalam menggambar disebut ….
A. Silhuet C. Kontur
B. Global D. Sketsa
15.
Suatu
kegiatan yang tujuannya untuk memperkenalkan hasil karya seni kepada
masyarakat, disebut ….
A. Karya wisata C. Pameran
B. Darma wisata D. Pagelaran
16.
Salah
satu fungi musik Daerah adalah ….
A. Sebagai alat propaganda
B. Sebagai sarana upacara adat
C. Sebagai sarana komunikasi
D. Sebagai hiburan masyarakat
17.
Lagu Ayam
Den Lapeh berasal dari daerah ….
A. Sumatera Barat C. Jambi
B. Sumatera Selatan D. Bengkulu
18.
Di bawah
ini yang bukan merupakan tokoh/komponis musik angklung adalah ….
A. Benyamin S C. Koko Koswara
B. Daeng
Sutikna D. Mang Ujo
19.
Suatu
karya musik yang enak didengar atau dinikmati jika memenuhi syarat ….
A. Harmoni C. Birama
B. Tempo D. Irama
20.
Masyarakat
mewarisi musik daerah berupa ….
A. Partitur
lagu C. Lagu secara lisan
B. Syair dan
partitur D. Lagu secara terprogram
21.
Alat
musik berbentuk bilah adalah sebagai berikut ….
A. Gambang C. Saron
B. Gong D. Gender
22.
Gambang
kromong menggunakan tangga nada ….
A. Pentatonis C. Mayor
B. Diatonis D. Minor
23.
Notasi da
– mi – na – ti – la , merupakan sistem notasi musik ….
A. Gamelan
Jawa C. Gamelan Bali
B. Gamelan
Sunda D. Gabungan Gamelan Wandali
24.
Yang
dimaksud Arragger, pada musik adalah ….
A. Menata
Musik C. Menyanyikan lagu
B. Mencipta
lagu D. Bermain Musik
25.
Tangga
nada yang susunan nadanya berjarak
½ disebut ….
A. Diatonis C. Kromatis
B. Debusian D. Pentatonis
26.







3 6
. . 4
3 . 3
4 . i 7
.
i 6 . 4
3








Titi nada di atas
merupakan petikan lagu ….
A. Alusiau C. Bubuy Bulan
B. Liso D. Ka Parak
Tingga
27.


Tanda di samping merupakan ….
A. Tanda kunci
G C. Kunci A
B. Tanda kunci
C D. Kunci F
28.
Tangga
nada diatonis yang menggunakan rumus pola interval 1 – 1 -
½ - 1 – 1 – 1 - ½
disebut tangga nada ….
A. Kromatis C. Diatonis minor
B. Diatonis
mayor D. Pentatonis
29.
Pada
umumnya lagu-lagu yang menggunakan tangga nada minor bersifat ….
A. Sedih C. Gembira
B. Kurang
gembira D. Melankolis
30.
Lagu Tanduk Majeng menggunakan tempo allegro
yang berarti ….
A. Lambat C. Cepat
B. Sedang D. Cepat sekali
31.
Gerakan-gerakan
yang memiliki makna dan tujuan yang melambangkan
sesuatu merupakan pengertian
dari ….
A. Gerakan
badan C. Gerakan eksplorasi
B. Gerakan
murni D. Gerakan maknawi
32.
Bentuk
tarian yang penyajinya dibawakan oleh satu orang disebut ….
A. Tari
tradisional C. Tari tunggal
B. Tari
berpasangan D. Tari kelompok
33.
Tari
Merak merupakan salah satu tarian yang termasuk tari ….
A. Tunggal C. Tradisional
B. Berpasangan D. Kelompok
34.
Gerakan/sikap
kepala mendorong dagu ke depan dan menarik lagi ke belakang, disebut ….
A. Kadet C. Gilek
B. Godeg D. Galiyeur
35.
Gerakan
badan yang membantingkan ke depan dan ke belakang secara bergantian disebut ….
A. Gigibang C. Gilek
B. Gibeg D. Godeg
36.
Seni
Drama yang isi ceritanya penuh dengan canda tawa dan humor adalah ….
A. Drama
tragedi C. Drama Komedi
B. Drama satu
babak D. Drama seri
37.
Tokoh
komedian Indonesia adalah ….
A. Bagong
Kusumo C. Bing Slamet
B. Tino Sidin D. W. S.
Rendra
38.
Pementasan
drama/teater yang menggunakan syair-syair lagu sebagai dialognya disebut ….
A. Melodrama C. Sandiwara
B. Drama
Tragedi D. Sendratari
39.
Drama
tari/Sendratari merupakan drama pementasan yang lebih menonjolkan ….
A. Gerak yang
lucu C. Gerakan tari
B. Cerita yang
penuh konflik D. Syair-syair lagu
40.
Proses penentuan
pemain dalam seni drama disebut ….
A. Casting C. Testing
B. Penyaringan D. Pemilihan
II. Uraian
41.
Sebutkan
dua (2) aspek dalam menggambar bentuk!
42.
Sebutkan
dua (2) contoh karya seni terapan!
43.
Buatlah
gambar bentuk silindris dari satu benda yang ada di dapur!
44.
Apa yang
dimaksud dengan aransemen musik?
45.
Sebutkan
3 judul lagu dari daerah Jawa Barat!
LATIHAN SOAL SENBUD KELAS VIII
I. Pilihlah
huruf A, B, C, atau D sebagai jawaban yang paling benar!
1.
Bubuy Bulan adalah lagu
daerah ….
A. Jawa Barat C. Betawi
B. Papua D. Aceh
2.
Salah
satu ciri khas dari lagu daerah Jawa, terlihat pada nada dasar yang digunakan.
Untuk lagu Jawa pada umumnya menggunakan nada dasar ….
A. Pelog C. Mayor
B. Pentatonis D. Minor
3.
Lagu
daerah di bawah ini mempunyai arti/pesan tentang ajaran tentang ajaran Islam
secara simbolis…
A. Butet C. Lir ilir
B. Gundul-gundul pacul D. O inani keke
4.
Musik
daerah di bawah ini mempunyai fungsi untuk siskamling ….
A. Angklung C. Gong
B. Seruling D. Kentongan
5.
Di bawah
ini yang bukan termasuk unsur-unsur utama dalam membuat lagu ….
A. Syair C. Irama
B. Melodi D. Harmoni
6.
Membagi
atau mengelompokkan suara menjadi beberapa jenis suara disebut ….
A. Menciptakan
lagu C. Mengharmonisasikan suara
B. Mengaransir lagu D. Mengarang lagu
7.
Sopran
dan Alto adalah jenis suara yang dimiliki oleh ….
A. Wanita C. Anak-anak
B. Laki-laki D. Paduan suara
8.
Suara Tenor
pada umumnya dimiliki oleh ….
A. Anak-anak C. Paduan suara
B. Laki-laki D. Wanita
9.
Sajian
musik yang dilakukan secara bersama-sama dan dengan menggunakan alat musik
yang
sejenis atau campuran disebut ….
A. Accapela C. Ansambel musik
B. Perkusi D. Orkestra
10.
Di bawah
ini yang tidak termasuk jenis alat musik melodis adalah ….
A. Mandolin C. Pianika
B. Recorder D. Drum
11.
Yang
termasuk jenis alat musik tiup adalah sebagai
berikut, ….
A. Pianika C. Drum
B. Gong D. Gendang
12.
Alat
musik yang memiliki dawai sebagai sumber bunyi
adalah…
A. Rebana C. Pianika
B. Siter D. Angklung
13.
Beberapa
nada yang dibunyikan secara serentak/bersama disebut ….
A. Akordion C. Akor
B. Akrobatik D. Akuarium
14.
Gubahan atau mengembangkan
materi lagu yang sudah ada ke dalam bentuk yang baru
tanpa mengurangi inti dan
makna lagu tersebut disebut ….
A.
Translasi C. Manager
B.
Introduksi D. Aransemen
15.
Istilah
bagi orang yang memiliki kemampuan atau keahlian mengaransemen musik disebut ….
A.
Konduktor C.
Komposer
B.
Artistik D. Arranger
16.
Alat
musik yang memiliki sumber bunyi lembaran/sekat dari kulit/plastik/karet disebut ….
A.
Membranophone C. Aerophone
B.
Idiophone D. Cordophone
17.
Yang
termasuk jenis alat musik gesek adalah, kecuali
….
A. Rebab C. Biola
B. Mandolin D. Celo
18.
Kesenian
tradisional yang berasal dari daerah Sunda adalah ….
A. Tari Reog C. Tari Jaipong
B. Tari Janger D.
Tari Lengger
19.
Seni Pertunjukan yang menggabungkan seni gerak,seni musik,
seni
teater,seni kriya dan
dipentaskan secara audio visual adalah ….
A. Seni Genjring C. Seni Rudat
B. Seni Reog D. Seni Wayang
20.
Salah
satu bentuk seni rupa asli Indonesia yang telah diakui
sebagai warisan budaya
dunia adalah ….
A. Patung C. Batik
B. Poster D. Barongsai
21.
Pokok
pikiran dari bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias,
yang meliputi segala
bentuk ciptaan Tuhan disebut ….
A. Ragam hias C Motif gagasan
B. Pola
hias D. Motif hias
22.
Fungsi
batik adalah untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian, taplak meja,
dan sarung
bantal. Hal ini termasuk dalam fungsi ….
A. Praktis C. Nyata
B. Estetik D. Abstrak
23.
Salah
satu prinsip utama pola batik adalah mengubah bentuk asli benda
menjadi bentuk
….
A. Kartun C. Karikatur
B. Dekoratif D. Animasi
24.
Karikatur
adalah ilustrasi yang berisi …
A. Humor C. Sindiran
B. Ilmiah D. Ornamen
25.
Yang termasuk
motif dekoratif adalah ….
A. Manusia C. Tumbuhan
B. Hewan D. Awan
26.
Warna
hijau merupakan percampuran dari warna primer ….
A. Merah,
kuning C. Merah, putih
B. Biru, merah D. Biru, kuning
27.
Peralatan
pokok membatik untuk bloking pola adalah ….
A. Wajan C. Kuas
B. Kompor D. Canting
28.
Fungsi
komersial dari patung adalah ….
A. Sebagai
koleksi
B. Simbol
kepahlawanan
C. Diperjualbelikan
D. Pemujaan
kepada roh
29.
Karya
seni patung digolongkan ke dalam karya seni ….
A. Dua dimensi C. Sebagai hiasan
B. Tiga dimensi D. Pembentuk alam
30.
Bahan-bahan
logam, kertas, plastisin merupakan bahan pembuatan patung dengan teknik ….
A. Cetakan C. Pahatan
B. Cor D. Tempelan
31.
Patung
yang dibuat dengan cara menempel bahan sedikit demi sedikit disebut ….
A. Printing C. Butsir
B. Carving D. Modelling
32.
Media
patung seperti kayu, batu merupakan bahan pembuat patung dengan teknik ….
A. Cetakan C. Pahatan
B. Cor D. Tempelan
33.
Provinsi
di Indonesia yang dikenal seni patungnya adalah ….
A. Kalimantan Selatan C. Maluku
B. Jawa Barat D. Bali
34.
Teknik
menggambar suatu bentuk benda dengan pandangan sebenarnya disebut ….
A. Figuratif C. Perspektif
B. Dekoratif D. Animatif
35.
Satu
bukti adanya perspektif adalah bila sebuah benda dilihat dari jauh nampak ….
A. Sama C. Lebih besar
B. Lebih kecil D. Sangat besar
36.
Garis
mendatar yang merupakan kesan batas mata memandang disebut ….
A. Garis
horizon C. Garis tanah
B. Garis
vertikal D. Garis pemotong
37.
Dalam
menggambar perspektif, titik lenyap selalu berada di ….
A. Garis tanah C. Garis vertikal
B. Garis
pelukis D. Garis horizon
38.
Berikut
ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam menggambar perspektif, kecuali ….
A. Garis vertikal C. Garis spiral
B. Garis
horizon D. Titik
lenyap
39.
Media
yang dipergunakan untuk menggambar perspektif, kecuali ….
A. Pensil C. Kertas gambar
B. Palu D. Penggaris
40.






![]() |
Gambar di atas
merupakan perspektif dengan ….
A. Dua titik
hilang C. Tiga titik hilang
B. Satu titik
hilang D. Empat titik hilang
II. Uraian
41.
Sebutkan empat lagu wajib nasioanal!
42.
Sebutkan empat jenis suara dalam paduan suara!
43.
Sebutkan
empat macam contoh alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik!
44.
Sebutkan
3 (tiga) macam motif batik tradisional
Indramayu!
45.
Gambarlah salah satu motif batik
tradisional yang kamu ketahui!
CONTOH PROPOSAL PTK SENBUD SMP
PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IX D PADA PELAJARAN
SENI BUDAYA
DI SMP NEGERI 3 SINDANG INDRAMAYU
PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
PROPOSAL

Oleh :
TEGUH PRAYITNO AMd
Pd
NIM : 0381101073
UNIVERSITAS PAKUAN
BOGOR
Tahun 2011/2012
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
khususnya teknologi informasi dan komputer (ICT) telah berkembang dengan pesat
dalam semua aspek kehidupan kita. Tidak terkecuali terhadap SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu. Pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer (ICT)
merupakan terobosan yang baru yang perlu diterapkan di SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan seperangkat komputer atau
laptop, LCD atau in focus, perangkat audio, dan media software pembelajaran seni budaya. Arah
inovasi ini adalah agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
Dalam implementasinya, inovasi ini memang diterima dengan
serta-merta sebagai keniscayaan perubahan. Namun demikian, belum semua guru
dapat mengadopsi inovasi ini. Masih banyak di antara guru, khususnya guru
senior kurang akrab dengan komputer. Para guru tersebut tetap menggunakan
pendekatan konvensional atau telah menggunakan pendekatan pembelajaran yang
baru tanpa menggunakan media presentasi pembelajaran berbasis ICT. Sementara
itu beberapa guru yunior memang mau menerima inovasi tersebut dan menerapkannya
dalam pembelajaran, meskipun media presentasi pembelajarannya masih sangat
terbatas, masih sangat jarang ditemukan dipasara, maupun di dunia maya.
Demikian pula dengan pembelajaran seni budaya. Agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan berhasil,
guru menggunakan media presentasi pembelajaran dengan cara membuat melalui aplikasi power point,
animasi dan mengunduh dari internet. Misalnya
media pembelajaran ragam
musik di Asia, penerapan akor pada lagu,
musik ansamble, gambar
animasi dll. Hal ini dilakukan dengan
beberapa alasan yaitu :
a. Pembuatan
media pembelajaran ini membutuhkan kemampuan yang kompleks dan relatif tinggi,
khususnya bidang software & hardware komputer, yaitu desain grafis,
pembuatan animasi, editing gambar dan suara.
b. Pembuatan
media pembelajaran harus memiliki langkah-langkah dan prosedur tertentu
sehingga cukup layak dianggap sebagai media pembelajaran.
c. Penyampaian
dengan metode ceramah, pembelajaran menjadi ’teacher centered’ siswa
hanya mendengarkan saja dan berakibat tidak menarik
perhatian siswa dan membosankan.
d. Pembuatan skema, partitur (buku lagu) yang
akan menyita waktu apabila dilakukan secara manual.
Berdasarkan beberapa pertimbangan itulah maka
peneliti merasa sangat perlu menggunakan media pembelajaran berbasis komputer
(ICT) untuk mata pelajaran seni budaya. Lebih lanjut, bila
media pembelajaran ini dianggap memiliki kelayakan dapat disebarkan pada para
guru bahasa seni
budaya lain yang membutuhkannya.
Demikian langka dan urgennya bagi pembelajaran, maka media pembelajaran ini
perlu diterapkan.
Akhirnya, peneliti menggunakan Media Presentasi
Pembelajaran berbasis komputer (ICT). Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan
seperangkat komputer atau laptop, LCD atau in focus, perangkat audio dan media
software pembelajaran
seni budaya.
Problematikanya, apakah Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT)
ini dapat diterima oleh para siswa dan guru, dapatkah meningkatkan perhatian
dan minat mereka dalam belajar, serta mampukah meningkatkan kreativitas dalam berkesenian.
Berdasarkan uraian di atas dirumuskan judul penelitian :“ Penggunaan Multimedia untuk meningkatakan
kreativitas siswa kelas IX D pada pelajaran seni budaya di SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu “.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka
dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
a. Apakah
Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT) Seni Budaya memiliki kelayakan sebagai media pembelajaran bagi siswa
kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?
b. Apakah
penggunaan Media Presentasi Pembelajaran berbasis komputer (ICT) Seni Budaya dapat memotivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?
c. Apakah
penggunaan Media Presentasi Pembelajaran Berbasis komputer (ICT) dapat
meningkatkan kreativitas seni
budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu?
1.3 Tujuan Penelitian
Sejalan dengan rumusan masalah penelitian di atas,
tujuan penelitian ini adalah :
a. Untuk
menerapkan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (ICT) Seni Budaya dalam usaha
untuk menilai kelayakannya sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu.
b. Untuk menerapkan
Media Pembelajaran berbasis (ICT) Seni Budaya
dalam usaha untuk memotivasi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.
c. Untuk
menerapkan Media Pembelajaran Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya dalam usaha untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu
1.4. Manfaat
Penelitian
Penelitian ini
diharapkan memiliki manfaat :
a. Bagi guru
(1) Untuk dapat mengembangkan profesionalisme guru dalam penerapan strategi
(1) Untuk dapat mengembangkan profesionalisme guru dalam penerapan strategi
pembelajaran yang efektif.
(2) Sebagai latihan praktik langsung melakukan penelitian
tindakan kelas.
(3) Sebagai sarana untuk mendorong siswa untuk berkreasi dibidang seni
b. Bagi Siswa
(1) Untuk meningkatkan perhatian, aktivitas, dan
prestasi pembelajaran
(2) Agar pembelajaran menarik,
menyenangkan, dan mudah dipahami
(3) Siswa mendapat gambaran
nyata melalui visualisasi
c. Bagi Pendidikan dan Pembelajaran
Untuk dapat menyempurnakan strategi pembelajaran sehingga semakin
Untuk dapat menyempurnakan strategi pembelajaran sehingga semakin
efektif
penerapannya.
1.5 Hipotesis Tindakan
Berdasarkan semua uraian di atas dirumuskan
hipotesis tindakan sebagai berikut :
1. Melalui penerapan
pembelajaran yang menggunakan Media Presentasi Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu menilainya
layak sebagai media pembelajaran.
2. Melalui penerapan
pembelajaran yang menggunakan Media Presentasi Berbasis komputer (ICT) Seni Budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu dapat memotivasi siswa kelas IX SMP Negeri
3 Sindang Indramayu.
3. Melalui penerapan pembelajaran yang menggunakan Media
Presentasi Pembelajaran Seni Budaya dapat meningkatkan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sindang Indramayu.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Media Pembelajaran
Belajar adalah suatu proses yang kompleks pada semua orang dan terjadi seumur
hidup yaitu sejak masih bayi hingga mati. Tanda-tanda terjadinya pembelajaran
bagi seseorang adalah terjadinya perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi
lebih tahu, dan dari tidak bisa menjadi bisa baik dalam ranah kognitif,
afektif, maupun psikomotor.
Sejalan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
masyarakat serta budaya berkembang pula tugas dan peranan guru sejalan dengan
jumlah anak yang memerlukan pendidikan. Mau tidak mau harus diakui guru
bukanlah satu-satunya sumber belajar melainkan hanya salah satunya. Siswa,
petugas perpustakaan, kepala sekolah, tutor, tokoh masyarakat, atau orang-orang
yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan tertentu di masyarakat juga dapat
dijadikan sumber belajar.
Menurut Arief S. Sadiman (2006) sumber
belajar dapat digolongkan
dalam beberapa jenis, yaitu :
a. jenis orang (people)
a. jenis orang (people)
b.
pesan atau informasi (message),
c. jenis bahan (materials), ke
dalam jenis ini sering disebut perangkat lunak (software)
yang di dalamnya terkandung pesan-pesan yang perlu disajikan dengan alat bantu
atau tanpa alat bantu, misalnya : modul, majalah, OHP,compact disc (CD),flash disc, program atau data.
d.
Alat (device) atau hardware yang menyajikan pesan, misalnya :projector
film, infocus, video player, TV, Komputer, Laptop dan lain-lain.
e.
Teknik adalah prosedur rutin atau acuan untuk menggunakan alat, bahan,
atau orang dan lingkungan untuk menyajikan pesan, misalnya teknik demonstrasi
kuliah, ceramah, tanya-jawab, dan sejenisnya.
f.
Lingkungan (setting), yaitu tempat yang memungkinkan siswa belajar.
Misalnya :
gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium,
museum, taman, kebun binatang,
rumah sakit, pabrik, dan sejenisnya.
Sementara itu media teknologi mutakhir, terdiri dari :
a. Media berbasis telekomunikasi, misalnya : teleconfrence, kuliah jarak jauh, dsb.
b. Media berbasis mikroprosesor, misalnya : game komputer, hypermedia, CD / DVD, Computer Assisted Instructional, hypertext, dsb.
a. Media berbasis telekomunikasi, misalnya : teleconfrence, kuliah jarak jauh, dsb.
b. Media berbasis mikroprosesor, misalnya : game komputer, hypermedia, CD / DVD, Computer Assisted Instructional, hypertext, dsb.
Adapun menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen
dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa belajar. Sementara itu Briggs
menyatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan
serta merangsang siswa untuk belajar. Pada mulanya media hanya dianggap sebagai
alat bantu mengajar guru (teaching aids) Alat bantu yang dipakai adalah alat
bantu visual, misalnya gambar, model, objek, dan alat-alat lain yang tujuannya
dapat memberikan pengalaman konkret, meningkatkan motivasi belajar,
mempertinggi daya serap, dan retensi belajar siswa.
Dalam proses pembelajaran, kegunaan media pembelajaran
adalah :
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk
kata-kata tertulis atau lisan belaka)
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misalnya :
a. objek yang terlalu besar – bisa digantikan dengan realitas, gambar, film, atau
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misalnya :
a. objek yang terlalu besar – bisa digantikan dengan realitas, gambar, film, atau
model
b. objek yang kecil – dibantu dengan proyektor mikro, film atau
gambar
c. gerak yang
terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelaps atau
highspeed photography.
d. Kejadian atau peristiwa yang
terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat
rekaman film, video, foto, maupun secara verbal;
e. Objek-objek yang terlalu
kompleks (misalnya mesin) dapat disajikan dalam model, diagram, dan lain-lain;
f. Konsep yang
terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain dapat
divisualisasikan dalam bentuk film, gambar, dan sebagainya.
3. Penggunaan media pendidikan
secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam
hal ini media pembelajaran berguna untuk :
a. menimbulkan kegairahan belajar;
b. memungkinkan interaksi lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan
a. menimbulkan kegairahan belajar;
b. memungkinkan interaksi lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan
dengan kenyataan;
c. memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan
c. memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan
minatnya.
4. Sifat unik tiap siswa,
lingkungan dan pengalaman yang berbeda, kurikulum dan materi pendidikan
ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan kesulitan bila harus diatasi
sendiri. Lebih sulit lagi bila latar belakang lingkungan guru dan siswa juga
berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu kemampuannya
dalam :
a. memberikan perangsang yang sama;
b. mempersamakan pengalaman;
c. menimbulkan persepsi yang sama.
b. mempersamakan pengalaman;
c. menimbulkan persepsi yang sama.
2.2 Media
Presentasi Pembelajaran
Perkembangan
teknologi komputer dan informasi (ICT) juga semakin mengembangkan bentuk dan
variasi media pembelajaran. Menurut Thomson (Elida dan Nugroho, 2003) komputer
yang digunakan dalam pembelajaran dapat memberikan manfaat, yakni saat
digunakan komputer meningkatkan motivasi pembelajaran. Para
siswa akan menikmati kerja komputer ini dan komputer memberikan tantangan di
samping komputer menampilkan perpaduan antarteks, gambar, animasi gerak, dan
suara secara bersamaan maupun bergantian.
Sementara ini Bower dan Hilgard berpendapat bahwa komputer bermanfaat besar dibandingkan dengan teknologi pendidikan lainnya karena mampu memberikan presentasi materi yang sangat fleksibel bagi pembelajar dan dapat mengikuti kemajuan sejumlah pembelajar dalam waktu yang sama.
Sementara ini Bower dan Hilgard berpendapat bahwa komputer bermanfaat besar dibandingkan dengan teknologi pendidikan lainnya karena mampu memberikan presentasi materi yang sangat fleksibel bagi pembelajar dan dapat mengikuti kemajuan sejumlah pembelajar dalam waktu yang sama.
Selanjutnya, menurut Woolfolk ada 9
keuntungan menggunakan komputer dalam pembelajaran, yaitu :
a. siswa dapat menyesuaikan dengan kecepatan belajarnya,
b. dapat melatih dengan sabar,
c. dapat dipakai untuk belajar sendiri,
d. dapat disajikan berbagai macam penginderaan,
e. dapat melakukan simulasi,
f. dapat dikembangkan pemecahan masalah,
g. dapat memberikan pujian untuk memperkuat perilaku,
h. dapat membantu manajemen kelas dan sekolah
a. siswa dapat menyesuaikan dengan kecepatan belajarnya,
b. dapat melatih dengan sabar,
c. dapat dipakai untuk belajar sendiri,
d. dapat disajikan berbagai macam penginderaan,
e. dapat melakukan simulasi,
f. dapat dikembangkan pemecahan masalah,
g. dapat memberikan pujian untuk memperkuat perilaku,
h. dapat membantu manajemen kelas dan sekolah
Menurut
Luther (Sutopo, 2003:32) ada 6 tahap dalam pengembangan media pembelajaran
berbasis komputer, yaitu:
a. Tahap pertama
konsep (concept), yaitu mengidentifikasikan tujuan, kebutuhan belajar, atau
hal-hal lain yang perlu diungkapkan.
b. Tahap kedua
analisis karakteristik siswa, yaitu disesuaikan dengan minat, bakat, dan
kemampuan siswa.
c. Tahap ketiga
merencanakan dan menyusun software.
Dalam hal ini ada ketrampilan yang harus dimiliki
pengembang sofware yaitu menguasai bidang studi materi yang akan dibahas,
menguasai prosedur pengembangan media, dan menguasai program komputer.
d. Tahap keempat desain
(design), yaitu yaitu tahap merancang produk secara rinci agar memudahkan
tahap-tahap pembuatan produk selanjutnya.
e. Tahap kelima pengumpulan
bahan (material collecting), yaitu mengoleksi bahan-bahan pendukung untuk
memperkaya isi produk media tersebut,
f. Tahap keenam
pembuatan (assembly), yaitu menyusun naskah materi pada setiap frame sehingga
menjadi sebuah produk media yang sudah jadi.
g. Tahap ketujuh uji coba
(testing), yaitu melakukan uji coba produk yang akan digunakan secara luas
karena itu perlu validasi kelayakannya. Ada dua kriteria dalam ujicoba produk
media pembelajaran, yaitu :
(1) kriteria pembelajaran, yang mencakup apakah sesuai dengan kurikulum,
(1) kriteria pembelajaran, yang mencakup apakah sesuai dengan kurikulum,
tujuan pembelajaran, sesuai dengan materinya,
dan sebagainya. Jika tidak perlu, dilakukan revisi.
(2) Kriteria presentasi, yaitu apakah validasi terkait dengan tampilannya di
(2) Kriteria presentasi, yaitu apakah validasi terkait dengan tampilannya di
layar, kelancaran navigasi, kemudahan penggunaan, dan
interaksi komunikabilitas.
h. Tahap distribusi (distribution),
yaitu tahap menyebarluaskan produk pembelajaran
dan menjelaskan tujuan produk media pembelajaran tersebut.
2.3 Motivasi
Belajar
Menurut
Oemar Hamalik (2001, 27-28), belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku
melalui interaksi dengan lingkungannya. Dalam kegiatan belajar mengajar,
motivasi dapat dikatakan sebagai daya penggerak di dalam diri seorang siswa
untuk menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin kelangsungan kegiatan belajar,
sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.
2.3.1 Macam-macam motivasi
a. Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik adalah dorongan dalam diri seseorang yang berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu (Sardiman, 1988). Dilihat dari segi tujuan kegiatan belajar, motivasi intrinsik adalah ingin mencapai tujuan yang terkandung dalam kegiatan belajar itu sendiri.
b. Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang aktif dan berfungsi karena adanya rangsangan dari luar. Motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar tetap penting sebab kemungkinan besar keadaan siswa itu dinamis dan juga mungkin komponen lain dalam proses belajar mengajar ada yang kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan motivasi ekstrinsik.
Prayitno (1989) menyatakan bahwa betapapun baiknya potensi anak yang meliputi kemampuan intelektual atau materi yang akan diajarkan dan lengkapnya sarana belajar, namun bila siswa tidak termotivasi dalam belajar, maka belajar tidak akan berlangsung secara optimal. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Motivasi sangat berhubungan erat dengan bagaimana seseorang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Dengan demikian, makin banyak dan tepat motivasi belajar yang didapat siswa, maka aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa akan semakin tinggi sehingga pembelajaran siswa menjadi semakin berhasil.
Dengan adanya motivasi yang baik dalam belajar, maka akan menunjukkan hasil yang baik. Dengan kata lain bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi tinggi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik.
a. Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik adalah dorongan dalam diri seseorang yang berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu (Sardiman, 1988). Dilihat dari segi tujuan kegiatan belajar, motivasi intrinsik adalah ingin mencapai tujuan yang terkandung dalam kegiatan belajar itu sendiri.
b. Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang aktif dan berfungsi karena adanya rangsangan dari luar. Motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar tetap penting sebab kemungkinan besar keadaan siswa itu dinamis dan juga mungkin komponen lain dalam proses belajar mengajar ada yang kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan motivasi ekstrinsik.
Prayitno (1989) menyatakan bahwa betapapun baiknya potensi anak yang meliputi kemampuan intelektual atau materi yang akan diajarkan dan lengkapnya sarana belajar, namun bila siswa tidak termotivasi dalam belajar, maka belajar tidak akan berlangsung secara optimal. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Motivasi sangat berhubungan erat dengan bagaimana seseorang melakukan kegiatan atau pekerjaan. Dengan demikian, makin banyak dan tepat motivasi belajar yang didapat siswa, maka aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa akan semakin tinggi sehingga pembelajaran siswa menjadi semakin berhasil.
Dengan adanya motivasi yang baik dalam belajar, maka akan menunjukkan hasil yang baik. Dengan kata lain bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi tinggi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik.
2.4 Pembelajaran
Seni Budaya
2.4.1
Karakteristik Seni Budaya
Kesenian
adalah hasil karya budaya manusia yang bersumber pada perasaan. Kehadirannya
ada di tiap sisi kehidupan masyarakat dan perkembangannya ditentukan oleh lingkungan
budaya dan lingkungan alamnya. Kegiatan seni yang melibatkan anggota
masyarakat, ikut memegang peranan dalam kehidupan sosial masyarakat
bersangkutan.
Pengelompokkan karya seni ditentukan oleh 3 media pengungkapan yaitu :
media rupa, media gerak, media suara.
Karya
seni berupa ungkapan ekspresi, kebebasan pribadi seniman, dan karya keindahan
yang mempunyai fungsi tertentu. Kapan manusia mulai berkesenian, hal ini sulit
dijawab.
2.4.2
Pembelajaran Seni Budaya
Pengertian Pembelajaran Seni Budaya
Pendidikan seni budaya dan ketrampilan diberikan disekolah
karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap perkembangan peserta
didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan
berekspresi / berkreasi melalui pendekatan ” belajar dengan seni,” ” belajar
melalui seni ”, dan ” belajar tentang seni .” peran ini tidak dapat diberikan
oleh mata pelajaran lain (PP Mendiknas No 22, 2006:263).
Pembelajaran seni musik adalah kegiatan pembelajaran yang berusaha
menggali potensi estetis siswa serta mempengaruhi siswa agar mempunyai nilai
estetis sehingga dapat memperhalus budi pekerti karena dalam seni terdapat
unsur- unsur keindahan , keteraturan, kedisiplinan dan dinamika.
Tujuan Pembelajaran Seni Budaya
Tujuan penyelenggarakan pendidikan seni tidak mungkin terlepas
dari kondisi masyarakat dan budaya lingkunganya. Oleh karena itu, pengembangan
tujuan pendidikan seni hendaknya mendasarkan nilai-nilai, gagasan (cita-cita
dan tingkat kedewasaan) peserta didik, dan pola-pola hidup kreatif melalui
latihan-latihan (Setiyawati, 2006 : 195). Pendidikan seni bertujuan
mengembangkan kemampuan estetik , ekspresif, dan kreatif dari peserta didik
yang memungkinkan berperan secara positif dalam kehidupan bernegara dan
bermasyarakat baik global dan local. (Kurikulum 2006 : Bab I)
Tujuan tersebut di atas menggambarkan bahwa pembelajaran seni musik di
SMP memberikan pemahaman, pengetahuan , pengalaman juga kemampuan berkarya seni
agar mereka bisa berapresiasi terhadap budaya sendiri dan bisa menghargai orang
lain yang pada akhirnya mereka bisa berperan aktif dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Seni mempunyai sifat unik dan memilki karakteristik tertentu yang tidak
dimiliki oleh pelajaran yang lain maka proses pembelajaran seni idealnya
menggunakan beberapa metode atau strategi mengajar yang disesuaikan dengan
kebutuhan. Metode atau strategi mengajarnyapun harus sesuai dengan tujuan
kurikulum yang tertuang dalam standart kompetensi dijabarkan melalui kompetensi
dasar dengan berbagai indikator yang disesuaikan dengan kondisi sekolah
tertentu.
Metode Pembelajaran Seni Budaya
Cara membangkitkan minat siswa antara lain gunakan berbagai
metode pembelajaran seperti diskusi, kerja kelompok, demontrasi, kegiatan di
luar kelas, permainan, kuis dsb (Sukarman, 2004:24). Ada korelasi yang
cukup tinggi antara bakat dan hasil belajar. Akan tetapi jika diberi metode
pengajaran yang lebih bermutu yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak dan
waktu belajar maka dapat dicapai keberhasilan penuh (Nasution, 2003:38). Dari
pernyataan tersebut bahwa metode pembelajaran merupakan hal penting untuk
mencapai keberhasilan pembelajaran. Namun demikian pengajaran seni baik materi
maupun metode hendaknya disesuaikan dengan taraf perkembangan (psikologis)
peserta didik (Setiyawati , 2006: 195).
Dalam pembelajaran seni budaya khususnya musik dapat
menggunakan beberapa metode mengajar yaitu ceramah, demontrasi dan praktek
langsung. (1) metode ceramah digunakan ketika menerangkan tentang teori – teori
, tentang apresiasi seni, (2) metode demonstrasi digunakan ketika menerangkan
tentang kreasi seni atau praktek, (3) metode praktek langsung adalah metode
mengajar yang mengajak siswa untuk berkreasi seni secara langsung.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Pendekatan Penelitian
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan
penelitian ini mengikuti suatu daur (siklus) yang di dalamnya terdapat kegiatan
merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, dan
melaksanakan refleksi pada seluruh tindakan sebelumnya.
Pendekatan yang ditempuh dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang diterapkan dalam metode PTK. Penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti. Dalam pelaksanaannya peneliti bertugas mengobservasi, mencatat, dan merekam segala aktivitas dan siswa dalam proses pembelajaran.
Pendekatan yang ditempuh dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang diterapkan dalam metode PTK. Penelitian ini dilakukan sendiri oleh peneliti. Dalam pelaksanaannya peneliti bertugas mengobservasi, mencatat, dan merekam segala aktivitas dan siswa dalam proses pembelajaran.
3.2. Lokasi
Penelitian
Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu dengan alamat Jl. Murahnara No.6 Sindang Indramayu. Waktu penelitian telah dilakukan sejak tanggal 25 Juli – 8
Agustus 2011. Pengambilan data
dilakukan selama 2 siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri atas sekali tatap
muka. Untuk validasi instrumen penelitian diperlukan sekali tatap muka pada
kelas IX-D SMP Negeri 3 Sindang
Indramayu.
3.3. Subjek
Penelitian dan Pembatasan
Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sindang kelas IX. Jumlah kelas IX ada 7 kelas. Setiap kelas rata-rata terdiri
atas 45 siswa. Komposisi kecerdasan siswa tiap kelas relatif sama, karena belum
dibedakan berdasarkan prestasi mereka. Karena itu peneliti mengambilnya secara
acak dari kelas IX, yaitu hanya kelas IX-D.
3.4. Prosedur
Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan
setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu :
(1). Perencanaan tindakan (planning);
(2). Pelaksanaan Tindakan (action);
(3). Observasi (observation); dan
(4). Refleksi (reflection).
3.5.
Instrumen Penelitian
Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Lembar Pengamatan untuk Siswa dan Guru
Lembar pengamatan ini digunakan untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran hingga evaluasi. Aspek-aspek yang dinilai adalah aktivitas keterlibatan siswa hingga evaluasi.
2. Tes Tanggapan Siswa Terhadap Media
Tes tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini digunakan untuk meneliti seberapa tinggi kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini digunakan skala Likert.
Lembar pengamatan ini digunakan untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran hingga evaluasi. Aspek-aspek yang dinilai adalah aktivitas keterlibatan siswa hingga evaluasi.
2. Tes Tanggapan Siswa Terhadap Media
Tes tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ini digunakan untuk meneliti seberapa tinggi kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini digunakan skala Likert.
3. Tes Motivasi Siswa
Tes motivasi siswa ini digunakan untuk meneliti siswa terkait dengan motivasi dan perhatian siswa terhapap proses pembelajaran. Dalam hal ini pun digunakan skala Likert.
4. Tes Tingkat Kreatifitas
Untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa kelas IX D mengunakan tes unjuk kerja sesuai dengan bidang seni yang disukainya yaitu Seni Musik dan Seni Rupa.
3.6. Teknik
Analisis Data
Analisisa data dilakukan meliputi kegiatan klasifikasi data, penyajian data, dan penilaian keberhasilan tindakan. Kegiatan klasifikasi ini meliputi memilah-milah data yang telah dikelompokkan sesuai dengan jenis datanya.
Data yang diperoleh dari pengamatan dan angket dilakukan analisis deskriptif melalui : 1) reduksi data, 2) pemaparan data, dan 3) penyimpulan. Reduksi data dilakukan dengan menyederhanakan dan konseptualisasi melalui seleksi, pemfokusan, dan abstraksi data mentah sehingga menjadi informasi yang bermakna. Paparan data dilakukan dengan penyajian data dalam bentuk paparan naratif maupun statistik. Adapun penyimpulan adalah proses mengambil intisari dalam bentuk pernyataan kalimat.
1. Analisis Kelayakan Media
Evaluasi kelayakan media perlu dilakukan terhadap . Hal ini karena media pembelajaran tersebut baru dibuat peneliti, karena itu perlu diujicobakan sekaligus diuji kelayakannya. Kriteria kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) dinilai pada aspek : kesesuaiannya dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, dengan materinya, tampilannya di layar, kelancaran navigasi, kemudahan penggunaan, dan interaksi komunikabilitas. Untuk mengetahui skor kelayakan media ini dilakukan dengan cara:
Analisisa data dilakukan meliputi kegiatan klasifikasi data, penyajian data, dan penilaian keberhasilan tindakan. Kegiatan klasifikasi ini meliputi memilah-milah data yang telah dikelompokkan sesuai dengan jenis datanya.
Data yang diperoleh dari pengamatan dan angket dilakukan analisis deskriptif melalui : 1) reduksi data, 2) pemaparan data, dan 3) penyimpulan. Reduksi data dilakukan dengan menyederhanakan dan konseptualisasi melalui seleksi, pemfokusan, dan abstraksi data mentah sehingga menjadi informasi yang bermakna. Paparan data dilakukan dengan penyajian data dalam bentuk paparan naratif maupun statistik. Adapun penyimpulan adalah proses mengambil intisari dalam bentuk pernyataan kalimat.
1. Analisis Kelayakan Media
Evaluasi kelayakan media perlu dilakukan terhadap . Hal ini karena media pembelajaran tersebut baru dibuat peneliti, karena itu perlu diujicobakan sekaligus diuji kelayakannya. Kriteria kelayakan Media Presentasi Pembelajaran berbasis Komputer (ICT) dinilai pada aspek : kesesuaiannya dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, dengan materinya, tampilannya di layar, kelancaran navigasi, kemudahan penggunaan, dan interaksi komunikabilitas. Untuk mengetahui skor kelayakan media ini dilakukan dengan cara:
a. mengangkakan (kuantifikasi)
tanggapan siswa dengan cara :
• pilihan jawaban a (sangat setuju) dinilai skor 5
• pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
• pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
• pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
• pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1
• pilihan jawaban a (sangat setuju) dinilai skor 5
• pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
• pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
• pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
• pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1
b. menghitung tingkat kelayakan
media pembelajaran
Tingkat
kelayakan media pembelajaran dihitung dengan rumus berikut :
Rata-rata skor = Jumlah skor kelayakan / Jumlah siswa
Adapun kriteria tingkat kelayakan media ditentukan sebagai berikut :
Rata-rata skor = Jumlah skor kelayakan / Jumlah siswa
Adapun kriteria tingkat kelayakan media ditentukan sebagai berikut :
Tingkat Kelayakan Media
Rata-rata
|
Skor
|
Sangat
Tinggi
|
21
– 25
|
Tinggi
|
16
– 20
|
Sedang
|
11
– 15
|
Rendah
|
6
– 10
|
Sangat
Rendah
|
0
– 5
|
2. Analisis Aspek Motivasi
Siswa
Motivasi siswa diidentifikasikan pada saat berlangsungnya pembelajaran yang terdiri atas besarnya motivasi khususnya perhatian mereka dalam memperhatikan pembelajaran tanpa melalaikannya. Hal ini dapat dilihat dari tes tentang motivasi mereka.
Untuk mengetahui skor motivasi dan tingkat motivasi siswa dilakukan dengan cara:
a. mengangkakan (kuantifikasi) motivasi siswa dengan cara :
pilihan jawaban a (sangat setuju) dinilai skor 5
• pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
• pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
• pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
• pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1
b. menghitung tingkat motivasi siswa
Tingkat motivasi siswa dihitung dengan rumus sebagai berikut :
Rata-rata skor = Jumlah skor motivasi siswa/ Jumlah siswa
Adapun kriteria tingkat motivasi siswa ditentukan sebagai berikut :
Motivasi siswa diidentifikasikan pada saat berlangsungnya pembelajaran yang terdiri atas besarnya motivasi khususnya perhatian mereka dalam memperhatikan pembelajaran tanpa melalaikannya. Hal ini dapat dilihat dari tes tentang motivasi mereka.
Untuk mengetahui skor motivasi dan tingkat motivasi siswa dilakukan dengan cara:
a. mengangkakan (kuantifikasi) motivasi siswa dengan cara :
pilihan jawaban a (sangat setuju) dinilai skor 5
• pilihan jawaban b (setuju) dinilai skor 4
• pilihan jawaban c (tidak tahu / netral) dinilai skor 3
• pilihan jawaban d (tidak setuju) dinilai angka 2
• pilihan jawaban e (sangat tidak setuju) dinilai angka 1
b. menghitung tingkat motivasi siswa
Tingkat motivasi siswa dihitung dengan rumus sebagai berikut :
Rata-rata skor = Jumlah skor motivasi siswa/ Jumlah siswa
Adapun kriteria tingkat motivasi siswa ditentukan sebagai berikut :
Tingkat Motivasi Belajar Siswa Rata-rata / Skor
Sangat Tinggi 21 – 25
Tinggi 16 – 20
Sedang 11 – 15
Rendah 6 – 10
Sangat Rendah 0 – 5
Sangat Tinggi 21 – 25
Tinggi 16 – 20
Sedang 11 – 15
Rendah 6 – 10
Sangat Rendah 0 – 5
3. Analisis
Hasil Tes Kreativitas
Siswa di bidang seni
Hasil unjuk kerja berupa pemberian tugas pekerjaan rumah dan praktek seni pada saat kegiatan belajar. Maka kreasi mereka dibidang seni yang dipilihnya berupa variasi dan inovasi yang dihasilkan. Dalam hal ini dilakukan penilaian hasil karya. Skor maksimal per siswa adalah 100. Adapun penetuan skornya digunakan kriteria sebagai berikut.
Hasil unjuk kerja berupa pemberian tugas pekerjaan rumah dan praktek seni pada saat kegiatan belajar. Maka kreasi mereka dibidang seni yang dipilihnya berupa variasi dan inovasi yang dihasilkan. Dalam hal ini dilakukan penilaian hasil karya. Skor maksimal per siswa adalah 100. Adapun penetuan skornya digunakan kriteria sebagai berikut.
SKOR Taraf Kreatif dengan Ketentuan
:
81 – 100 Sangat Baik 5 unsur terpenuhi
61 – 80 Baik 4 unsur terpenuhi
41 – 60 Cukup 3 unsur terpenuhi
21 – 40 Kurang Baik 2 unsur terpenuhi
0 – 20 Buruk 1 unsur terpenuhi
81 – 100 Sangat Baik 5 unsur terpenuhi
61 – 80 Baik 4 unsur terpenuhi
41 – 60 Cukup 3 unsur terpenuhi
21 – 40 Kurang Baik 2 unsur terpenuhi
0 – 20 Buruk 1 unsur terpenuhi
Hasil akhirnya akan dianalisis dan
diinterpretasikan dengan membandingkan skor maupun perlakukan terhadap siklus 1
dan siklus 2 beserta latar belakang penyebabnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. dkk. 2007. Penelitian Tindakan
Kelas.
Jakarta
: Bumi Aksara.
Chandra.
2005. Menu Interaktif Flash MX 2004. Palembang : Maxiikom.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathoni, A.R. 1993. Pengembangan Komputer Pembelajaran (Unit II CIA). Surabaya, University Press IKIP Surabaya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kurniawan, Yahya. 2006. Belajar Sendiri Macromedia Flash 8.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathoni, A.R. 1993. Pengembangan Komputer Pembelajaran (Unit II CIA). Surabaya, University Press IKIP Surabaya.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kurniawan, Yahya. 2006. Belajar Sendiri Macromedia Flash 8.
Jakarta
: PT Elex Media Komputindo.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik : Penelitian Tindakan Kelas.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik : Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung :
Alfabeta.
Mudhoffir. 2001. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.
Mudhoffir. 2001. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar.
Bandung
: PT Remaja Rosdakarya.
Mukminan. 2001. Desain Pembelajaran.
Mukminan. 2001. Desain Pembelajaran.
Yogyakarta
: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Pramono,
Andi. 2001. Presentasi Multimedia dengan
Macromedia Flash 8.
Yogyakarta
: CV Andi Offset
Sudirman. 2008.
Animasi Iklan Flash Untuk Orang Awam.Palembang : Maxicom
Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar.Jakarta. Depdikbud.
Rachman, Saiful. dkk.. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar.Jakarta. Depdikbud.
Rachman, Saiful. dkk.. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
Surabaya
: SIC & Dinas P dan K Provindi Jawa
Timur.
Sadiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan.
Sadiman, Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan.
Jakarta
: PT Raja Grafindo Persada.
Uno,
Hamzah B.. 2007. Teori Motivasi dan
Pengukurannya.Jakarta : Bumi Aksara
Wiriatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Wiriatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung
: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Tarya. dkk. 2007. Seni Budaya dan
Keterampilan.Bandung : UPI Press
Aqib, Zainal. dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung : CV. YRAMA WIDYA
Hariwijaya, M. dkk. 2011. Panduan Menyusun Skripsi
& Tesis
Yogyakarta : SIKLUS
Prayitno, Teguh. 2010. Pembelajaran Seni Budaya di
SMPN 3 Sindang-Indramayu.Indramayu :
(makalah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar